Wednesday, March 20, 2019

Cara membuat roti tawar empuk dan lembut ala rumahan

Roti tawar empuk dan lembut ala rumahan
Roti tawar atau roti putih merupakan makanan yang terbuat dari tepung terigu , makanan yang satu sudah banyak sekali peminat nya , terutama di mancanegara . Dalam beberapa budaya di daerah tertentu , roti dipandang menjadi makanan yang sangat penting dan menjadi bagian dalam ritual keagamaan .

Nah bicara soal roti , kali ini cookspedia akan membagikan cara dan resep membuat roti tawar yang lembut dan empuk ala rumahan dan bahan - bahan nya pun mudah kita jumpai di sekitar kita . Jadi para foodlovers sekalian bisa membuat nya sendiri di rumah tanpa mengalami kesulitan .

Langsung di simak saja yaa , untuk porsi nya bisa kalian sesuaikan sesuai kebutuhan dan keinginan kalian .

1. Siapkan bahan - bahan berikut ini

  • 500 gr tepung protein tinggi
  • 20 gr susu bubuk
  • 40 gr gula pasir
  • 3 gr Baker bonus
  • 10 gr ragi
  • 1 telur
  • 300 ml susu cair dingin
  • 60 gr mentega putih
  • 5 gr garam

2. Ikuti langkah - langkah berikut

  1. Campur bahan kering kecuali garam dan mentega putih. Mixer pakai yang spiralnya ya, tuangkan susu sedikit demi sedikit sampe terlihat kalis.
  2. Setelah kalis masukan mentega putih dan garam... Mixer lagi sampe benar benar kalis dan tdk menempel d baskomnya ya.. Dan ambil adonan sedikit dan rentangkan kl ga robek tandnya udh kalis seperti di gambar ya mam.
  3. Diamkan adonan, tutup dengan plastik atau kain bersih selama 30 menit, setelah itu keluarkan adonan dan kempiskan adonan dan di rolling hingga tidak ada rongga udara d dalam rotinya.. Setelah itu siap di timbang dan di masukan ke loyang roti
  4. Setelah adonan masuk ke loyang diamkam lagi selama 45 menit sampe 1 jam sampe mengembang 2x lipat. Nyalakan oven, setelah satu jam panggang di suhu 180° sampe 200°C selama 45menit sampe 1 jam tergantung dari oven masing masing ya .


  5. Lalu setelah satu jam periksa dan buka tutup nya sedikit, kalau sudah warna nya coklat keemasan langsung d keluarkan dari oven . Lalu dinginkan di cooling rak dan siap d potong potong

  6. Hidangkan dan siap untuk di santap bersama keluarga dan teman - teman

Penutup

Nah berikut adalah resep dan cara membuat roti tawar yang lembut dan enak ala rumahan , cukup mudah bukan? kalian bisa membuat sendiri untuk camilan , sarapan dan teman ngopi atau teh bersama keluarga dan teman - teman kalian :D . 

Tetap ikuti terus cookspedia ya dan nantikan resep - resep terbaru dari cookspedia .

Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan selamat mencoba :) 



0 komentar:

Post a Comment